5 Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Salam Lestari semua nya ....

sudah masuk musim hujan nih.. pasti nya semua yang memiliki hobby hiking atau biasa disebut pendaki gunung, sudah mulai was-was untuk rencana melakukan pendakian gunungnya. padahal perencanaan pendakian sudah dipersiapkan jauh jauh hari, dan munkin ada yang sudah janji dengan teman, yang mana rencana jadwal pendakian bertepatan dengan tanggal liburan kuliah, sekolah maupun cuti kantor. biasanya para pendaki sejati tidak memperdulikan musin hujan yang sedang terjadi ini dan malah melakukan pendakian. padahal resiko  dan tantangan yang akan kita hadapi akan semakin tinggi.


disini akan diberikan tips saat mendaki gunung pada saat musim hujan supaya bisa sedikit ada persiapan untuk melakukan pendakian, :

1. minta restu/izin orang tua.
ini adalah bagian paling sakral sebelum melakukan pendakian. karena restu orang tua lah yang akan memperbaik keadaan waktu kita berada di gunung. sebaiknya apabila orang tua kita tidak mengizinkan untuk mendaki gunung maka jangan dilakukan. karena melaksanan perintah orang tua akan lebih mulia dari pada mementinkan ego diri sendiri. tetapi jika diizinkan mintalah doa restu nya sehingga keadaan yang baik baik akan selalu mengikuti kita saat melakukan pendakian.

2. pastikan sudah memiliki persiapan fisik dan mental
disini kalian harus menentukan dulu tujuan gunung mana yang akan kalian taklukkan. sebaiknya hindari gunung yang memiliki medan yang sangat sulit dan menguras tenaga karena tantangan akan berlipat ganda pada saat musin hujan, bisa jadi kondisi nya akan sangat ektrim. jadi imbangi dengan seminggu untuk selalu olahraga dan melakukan pemanasan, agar otot otot tidak gampang mengalami kram. dan pastikan dengan mental yang kuat bahwa kalian akan kembali ke rumah dengan selamat. karena PUNCAK HANYALAH SEBUAH BONUS. tujuan utama adalah kembali ke rumah dengan selamat.

3. siapkan peralatan - peralatan anti hujan
semua barang yang kalian bawa ke gunung sebelum masuk ke tas/carrier sebaiknya di bungkus dengan plastik kresek sehingga apabila terjadi hujan air tidak akan menembus. dan untuk kaki gunakan lah sepatu yang tidak licin. hindari menggunakan sendal karena resiko putus saat perjalanan sangat tinggi. dan jangan lupa untuk sedia jas hujan maupun payung.

4. jangan menggunkan peralatan elektronik (HP) saat hujan waktu perjalanan
ini biasanya permasalahan yang sepele tetapi memiliki dampak yang sangat besar. karena permasalahan ini dapat mengakibatkan kematian. karena gelombang elektonik ini dapat mengundang datangnya petir yang akan menyambar kalian.

5. hindari berteduh di bawah pohon yang rindang
sebaiknya apabila hujan turun sangat lebat jangan berlindung di bawah pohon, tetapi lakukan perjalanan kecil dengan peralatan anti hujan yang telah kita persiapkan. dan apabila tidak memungkinkan untuk berjalan berteduhlah di samping batu besar atau di area lapang yang sedikit jauh dari batang pohon rindang.


terima kasih
kun
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==