CatPer (catatan Perjalanan) Gunung Merbabu Jawa Tengah

Gunung Merbabu Terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3142 MDPL pada puncak kenteng songo. gunung ini memiliki 5 kawah: kawah Condrodimuko, kawah kombang, Rebab, dan kawah sambernyowo. dan gunung Merbabu dapat didaki melalui 4 jalur pendakian yaitu: jalur cunthel, jalur selo, jalur wekas, jalur thekelan.

sebelum nya perkenalkan dulu nama saya kun dan 7 orang temen saya: dede, pablo, denny, dioco, hilman, nabil, dan grizaldo. kami rombongan dari surabaya dari salah satu kampus negeri di surabaya. dan kami semua satu jurusan

Transportasi dari surabaya:
kami berangkat dari surabaya jam 02.00 ke terminal bungurasih, sesampainya di bungurasih kami naik bus sugeng rahayu jurusan ke solo. dan perjalanan surabaya ke solo sekitar 6 jam. dengan biaya bus 40tibu rupiah.

Transportasi dari stasiun solo ke salatiga
kenapa kami turun disalah tiga, karena kami berniat mendaki merbabu lewat jalur cunthel, transportasi yang kami gunakan mobil sedan, biaya nyanter mobil sedan dari stasiun solo ke salatiga per orangnya dikenakan biaya 40ribu rupiah.

Sampai di salatiga
kami makan sate didepan wahana wisata pemandian air hangat. dengan harga yang lumayan menguras duit seorang pendaki, soalnya satu porsi sate 48ribu rupiah. kami ber 8 merasa di tipu tapi apa daya kita tamu di sini dan salah kita juga salah milih makan yang dekat tempat wisata.
setelah itu kami melanjutkan jalan sampai ke pos perizinan dengan mengikuti petunjuk di jalan dan tanya orang sana tempat pos pendakian

Perjalanan ke pos pendakian
kami berjalan memasuki perumahan penduduk dan jalan nya sedikit nanjak yang membuat menguras tenaga kita yang mana tadi telah diisi oleh sate 48ribu. perjalanan sampai ke pos pendakian sekitar 60  menit. dan jalan yang kita lalui beraspal dan lebar. yang bikin sakit hatinya ada segerombolan pendaki yang naik angkutan nyarter mobil dari bawah ke pos pendakian, kami pun merasa letih dan capek untuk melanjutkan ke pos pendakian, tapi akhirnya dengan tekat yang kuat untuk menaklukan punjak merbabu kami pun melanjutkanya sampai ke pos pendakian.

pos perizinan cunthel pendakian ;
sesampainya di pos perizinan kami bertemu banyak rombongan pendaki lain yang lagi beristirahat sebelum melanjutkan pendakian, disana kami berdelapan meminta izin dan menyetorkan KTP untuk di periksa dan satu orang membayar 5ribu untuk uang kebersihan.

hari pertama jam 20.00 :
kami meninggalkan pos perizinan cunthel untuk melanjutkan ke puncak merbabu, dan setelah kami berjalan sekitar 30 menit terdapat gazebo tempat istirahat, dan kami pun memutuskan untuk beristihat sejenak karena di rasa satu tim sudah merasa capek karena jalan nya yang sedikit curam di awalnya.
dan di sana kita bertemu rombongan lain yang berasal dari daerah salatiga sendiri. kami pun membaur dan saling mengobrol untuk mencairkan suasana.

jam 21.00
kami melanjutkan perjalanan sampai ke pos 2 pendakian jalur cunthel, karena melihat kondisi tim yang sudah merasa lelah dan letih, tim pun memutuskan untuk beristirahat dan ngecamp, karena melihat kondisi di pos 2 ada sumber mata air, dan pada saat itu juga turun hujan lebat yang memaksa tim harus ngecamp dan tidak melanjutkan perjalanan sejenak. jam 00.00 kami pun ngecamp di pos 2.

Hari kedua..
setelah bangun tidur kami pun memasak mie instan buat energi untuk melanjutkan perjalanan, dan memakan logistik yang telah dibawa oleh tim. dan pukul 08.00 kami pun melanjutkan perjalanan lagi.
sampai pukul 14.00 kami pun nyampai di camp ground dan ternyata udah banyak rombongan pendaki lain yang sudah mendirikan tenda. tim pun memutuskan untuk ngecamp lagi.

Hari ketiga..
kami pun melanjutkan perjalanan dan berniat hari ini sampai ke puncak, sampai di tengah perjalanan kita nyampek di ujung jalan dari jalan camp ground dan melihat ada bangunan menara bekas para tentara indonesisa, dan itu pukul 12.00. tim pun memutuskan berhenti sejenak dan berfoto-foto. tetapi fotonya tidak terlalu bagus karena kondisi cuaca yang berkabut, dan hujan seringkali tuun, sehingga kadang basah-bahasan tapi kadang juga kepanasan, soalnya cuaca yang tidak menentu.
kami pun melanjutkan perjalanan ke puncak dan bertemu pendaki lain yang lewat jalur wekas. dan kami tanya kepada pendaki tadi tentang sumber air yang dekat dengan puncak, akhirnya kami pun turun untuk mengisi air lagi. tetapi air yang disini sekidit berbau belerang.
sampai pukul 15.00 kami pun sudah hampir ke puncak dan melihat tempat yang di pakai syuting My Trip My Adventure, yaitu jalan yang harus di lalui dengan merangkak miring sambil berdiri, sebelum nyampai ke puncaknya. dan disana oksigen nya sudah mulai kurang dari sebelumnya.

Puncak jam 17.00
akhirnya tim pun mencapai puncak dan berfoto-foto. dengan kondisi yang minim oksigen kami pun buru-buru untuk turun. soalnya sudah malem juga juga, matahari sudah mulai turun. dan disana kita melihat istimewahnya puncak gunung merbabu, yaitu di kelilingi pemandangan 7 puncak gunung lain. kami pun turun dengan perasaan bahagia terharu dan ini pengalaman yang tidak akan bisa kami lupakan. tim pun memutuskan turun melewati jalur Selo.

Turun dari puncak melalui jalur Selo
kami pun turun sekitar pukul 18.00 dan disana kita di lihatkan pemandanga sabana yang sangat bagus banget. tetapi jalur selo ini sangat curam jadi kami harus berhati-hati turun nya. dan setelah itu pukul 22.00 kami pun nyampai ke camp ground sabana 2. dan kami memutusakan untuk ngecamp lagi.

Hari ke Empat..
kami bangun dan siap untuk melanjutkan perjalanan turun untuk pulang, dan melanjutkana aktifitas kuliah yang sudah kami tinggalkan di surabaya.

Saran :
- persiapkan logistik bawaan untuk bekal digunug sesuai hari yang akan kita tempuh.
- jalur Selo untuk berangkat dan turun lewat wekas lebih recomended.