HVAC-R


Saya akan sedikit mereview sedikit tentang ilmu yang saya dapat di hari pertama kuliah saya, tentang apa itu yang di maksud pengaturan udara dan sistem refrigerasi atau yang biasa di kenal dengan istilah HVAC-R  :
H (heating)   : adalah proses pemanasan udara, dimana didalam proses ini temperatur akan naik
V (ventilasi) : adalah proses untuk memindahkan udara, disini udara hanya di pindahkan saja tanpa di dinginkan atau pun dipanaskan
AC (air condisioning) : adalah proses pengkondisian udara, disini yang dikondisikan adalah temperatur dan kelembaban udara, supaya tercipta udara yang nyaman (T = 25 derajat celsius)
R (refrigerasi) : adalah proses pendinginan udara ( pengawetan), disini hanya mampu membuat zat cair diam ( atau sekitar T = -60 derajat celcius)

sedangkan udara sendiri terdiri dari kumpulan beberapa gas, polutan, dan uap air, 78% Nitrogen, 21% Oksigen, 1% campuran dari Xenon, Neon, Hydrogen, Helium, Kripton, Carbondioxida.

Udara sendiri di bagi sesuai dengan kondisi iklam di daerah tertentu :
1. Tropis : T = 35 derajat celcius, RH (kelembaban) : 75 %
didaerah tropis temperatur relatif panas dan kelembaban nya lembab sehingga ini berpengaruh dengan model pakaian di daerah iklim ini, yaitu bahan baju nya tipis dan tidak berlapis. dengan kondisi ini membuat orang di daerah ini gampang sekali mengeluarkan keringat. 

2. Gurun : T = 45 derajat celcius, RH (kelembaban) : 10 %
didaerah Gurun temperatur relatif panas sekali dan kelembaban nya kering sehingga model pakain didaerah di iklim ini tipis dan berlapis lapis, sehingga tidak mudah berkeringat yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

3. Sub Tropis : T = 15 derajat celcius, RH (kelembaban) : 20 %
didaerah Sub Tropis temperatur relatif dingin dan kelembaban nya kering sehingga mode; pakaian di daerah ini tebal berlapis lapis, sehingga membuat panas didalam tubuh tertahan, sehingga tidak terjadi hipertemia.

demikian ilmu yang bisa saya bagi untuk hari ini semoga bermanfaat... kurang lebihnya saya pribadi mohon maaf.

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==